Untuk mencapai keberhasilan misi tersebut, PPM-PNUP mengembangkan struktur organisasi yang terdiri dari ketua, sekretaris, kepala unit dan 2 orang staf administrasi. Selain itu, PPM-PNUP juga mewadahi Tim Kendali Mutu Jurusan dan Prodi dan Tim auditor akademik internal yang merupakan  dosen perwakilan dari masing-masing program studi.

struktur

WEWENANG DAN TANGGUNG JAWAB

Secara Organisasi Pusat Penjaminan Mutu bertanggung jawab langsung kepada Direktur Politeknik Negeri Ujung Pandang. Lingkup kerja PPM-PNUP mencakup semua program studi, serta pengelola program studi (jurusan) dan semua unit kerja. Sesuai struktur organisasi PPM-PNUP menetapkan tugas  pokok  dan  fungsi masing-masing personil sebagai berikut:

KETUA PPM

  1. Menjadi Top Management bagi implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal yang terintregasi dengan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 di PPM-PNUP.
  2. Melakukan koordinasi, perencanaan, pemantauan dan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas yang dilaksanakan oleh setiap kepala unit di PPM-PNUP.
  3. Bertanggung jawab memeriksa dokumen standar mutu dalam proses penyusunan standar mutu,
  4. Bertanggung jawab dalam menyiapkan dan menyusun manual mutu akademik dan manual prosedur yang sesuai dengan kebijakan akademik, standar akademik, peraturan yang berlaku, serta selaras dengan keadaan sosial-budaya kampus Politeknik Negeri Ujung Pandang.
  5. Bertanggung jawab dalam pelaksanaan tugas PPM-PNUP dan melaporkannya kepada Direktur PNUP.

SEKRETARIS

  1. Membantu Ketua PPM-PNUP dalam koordinasi, perencanaan, pemantauan, evaluasi dan pelaporan kegiatan sesuai business process berikut anggarannya.
  2. Bertanggung jawab dalam pelaksanaan surat-menyurat yang berkaitan dengan PPM-PNUP dan mengarsipkannya dengan berkoordinasi dengan Staf administrasi PPM-PNUP.
  3. Bertanggung jawab dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengelolaan rapat rutin, rapat koordinasi dan rapat evaluasi kegiatan.
  4. Bertanggung jawab atas penyusunan konsep laporan kegiatan rutin dan insidental di PPM-PNUP.
  5. Berkoordinasi dengan staf administrasi dalam pengelolaan kegiatan sekretariat, sistem dokumentasi, SDM, keuangan, asset dan sistem informasi.
  6. Berkoordinasi dengan kepala unit di PPM-PNUP dalam pengelolaan kegiatan unit PPM-PNUP.
  7. Bertanggung jawab kepada Ketua PPM-PNUP.

KEPALA UNIT P2AI

  1. Dalam mengembangkan kualitas pembelajaran, Ketua Unit Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional bertanggungjawab merancang dan pelaksanaan pelatihan peningkatan keterampilan mengajar dan pengembangan bahan ajar.
  2. Menyelenggarakan program untuk peningkatan kepuasan mahasiswa dan dosen atas kegiatan instruksional.
  3. Mengembangkan hubungan dan komunikasi akademik dan mekanisme umpan balik.
  4. Mengelola peningkatan penggunaan sumber daya pembelajaran.
  5. Melaporkan pelaksanaan kegiatan unit P2AI kepada Ketua PPM-PNUP.

 

KEPALA UNIT EVALUASI MUTU INTERNAL

  1. Dalam mengevaluasi hasil pembelajaran, Ketua Evaluasi Mutu Internal bertanggungjawab mengevaluasi hasil pembelajaran dan keluhan pelanggan institusi.
  2. Menyusun dan mengembangkan sistem audit mutu dalam rangka pelaksanaan SPMI.
  3. Melaksanakan audit sistem & kepatuhan, berikut laporannya.
  4. Melaksanakan evaluasi hasil audit untuk tindak lanjut perbaikan.
  5. Melaporkan pelaksanaan kegiatan unit EMI kepada Ketua PPM-PNUP.

KEPALA UNIT AKREDITASI

  1. Dalam menyiapkan akreditasi institusi dan program studi, kepala Unit Akreditasi bertanggungjawab menyiapkan dokumen yang terkait dan memfasilitasi penyusunan borang dan fisitasi akreditasi.
  2. Mengkoordinir pelaksanaan, pemantauan dan pelaporan sistem pendampingan penyusunan dokumen, serta persiapan visitasi akreditasi/sertifikasi nasional dan internasional unit kerja dalam rangka meningkatkan kualifikasi akreditasi/sertifikasi nasional dan internasional unit kerja.
  3. Mengkoordinir analisis kinerja Assessor Internal Akreditasi PS.
  4. Melaporkan pelaksanaan kegiatan unit akreditasi kepada Ketua PPM-PNUP.

STAF ADMINISTRASI PPM-PNUP.

  1. Membantu pengelolaan peningkatan kualifikasi akreditasi PS,
  2. Membantu administrasi dan pengelolaan kegiatan Bidang SPMI,
  3. Membantu administrasi dan pengelolaan kegiatan AIM,
  4. Mengkoordinir kegiatan pelayanan umum,
  5. Membantu pengelolaan anggaran dan pertanggungjawaban keuangan PPM-PNUP.
  6. Membantu pekerjaan lain terkait tugas PPM-PNUP.

TIM KENDALI MUTU JURUSAN DAN PRODI

  1. Pada tingkat program studi, unit kendali mutu tim penjaminan mutu bertanggungjawab merumuskan kompetensi lulusan dan spesifikasi program studi serta melakukan evaluasi diri berdasarkan hasil luaran.
  2. Koordinator Audit akademik internal bertanggung jawab dalam merancang audit mutu internal, memeriksa kepatuhan pelaksanaan akademik dengan Standar Akademik, Manual Mutu Akademik dan Manual Prosedur.
  3. Auditor akademik internal bertanggung jawab mengendalikan Standar Mutu.
  4. Melaporkan pelaksanaan kegiatan kepada kepala unit PPM-PNUP.