Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, pada tahun 2019 melalui Politechnic Education Development Project (PEDP) menyelenggarakan program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Dosen dengan luaran tenaga pengajar yang berasal dari industri atau praktisi yang mendapat pengakuan kualifikasi jenjang 8 KKNI dan telah mendapat materi metodologi pembelajaran. Tenaga pengajar ini selanjutnya dapat berperan dalam matakuliah sesuai bidang kualifikasinya baik sebagai dosen tamu maupun pembimbing Praktek Kerja Lapangan (PKL) atau magang mahasiswa di industri.

Program RPL tipe B adalah program penerimaan dosen dari DUDI (Dunia Usaha/Dunia Industri) yang belum memiliki kualifikasi Magister (S2) tetapi memiliki kompetensi keahlian yang diperoleh baik melalui pelatihan atau pengalaman kerjanya selama ini (baik formal, informal maupun nonformal). Pada RPL tipe B, perguruan tinggi tidak mengeluarkan Ijazah. Institusi hanya mengusulkan calon dosennya untuk mendapatkan surat pengakuan kesetaraan kepada Menteri

Dosen dari industri ini tetap berafiliasi dengan industri tempat mereka bekerja dan diharapkan menjadi dosen pembimbing mahasiswa yang Praktek Kerja Lapangan (PKL), On the Job Training (OJT), Kerja praktek atau Magang Industri (PMMB) serta mengajar di kelas di kampus PNUP untuk beberapa topik bahasan tertentu yang sesuai keahlian dosen industri tersebut.

Persyaratan Peserta:

  1. Peserta program adalah karyawan industri mitra politeknik, praktisi, dan calon tenaga pengajar lainnya yang diusulkan oleh Politeknik
    Penyelenggara dengan pendidikan minimum D3 dengan pengalaman kerja minimum 8 tahun atau berpendidikan minimum S1 dengan pengalaman kerja minimum 5 tahun.
  2. Usia maksimum peserta untuk program ini adalah 60 tahun, mempertimbangkan usia maksimum dosen non profesor dengan NIDK adalah 65 tahun yang dengan evaluasi dapat diperpanjang untuk jangka waktu 5 tahun.
  3. Peserta program mendapat ijin dari atasan tempat bekerja.

Dosen dari industri yang berminat dipersilahkan memasukkan nama dan pendidikan terakhir, serta protofolio (CV) terkait pelatihan atau pengalaman kerja yang dimiliki, selanjutnya dosen yang telah mendaftar akan di assesment oleh asessor RPL sehingga sertifikat dan pengalaman kerjanya sesuai level 8 KKNI dan selanjutnya akan diajukan ke kemenristekdikti untuk memperoleh sertifikat dan NIDK (nomor induk dosen khusus).

Bagi yang berminat mengikuti program dosen Industri ini, diharapkan mengisi formulir berikut disini